Fajar Berbagi

Thursday, 29 November 2012
Tim OS Pro yang ikut dalam kegiatan Fajar berbagi
Berawal dari sebuah mimpi. Mimpi tentang Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang mandiri, Indonesia yang peduli, dan Indonesia yang madani. Kami (@veaviviy @adityadarma, @muhta_dira, @BobbyVisca) sekumpulan anak muda dari OS Pro Jogja yang peduli terhadap nasib Bangsa Indonesia berprinsip think big, start small and move fast mencetuskan ide tentang berbagi dengan sesama. Ide ini tercetus dari @veaviviy salah satu tim kami, ide ini muncul atas keprihatinan akan efek dari malam tahun baru yang menyisakan tumpukan sampah di jalan-jalan kota. Keadaan yang berbanding terbalik dengan harapan-harapan yang muncul ditahun baru. Harapan yang dipanjatkan begitu menggebu-gebu akan tetapi secara tidak mereka sadari telah mengotori bumi pertiwi. Maka dari itu aksi sosial yang kami klaim sebagai aksi sosial pertama di tahun 2012 adalah memberikan bingkisan parcel kepada tukang sapu pembersih jalanan serta pemulung pembersih sampah di waktu subuh. Sebab kami terinspirasi dari kesuksesan serangan subuh di perang kemerdekaan. Maka kami memberikan nama gerakan itu Fajar Berbagi.
Dini hari tanggal 30 Desember 2011 kami sebarkan broadcast twitter, BBM, & Facebook tentang #fajarberbagi. Kami ungkapkan semua hal tentang #fajarberbagi. Kami kumpulkan donasi dari sahabat-sahabat kami, followers di twitter, sahabat-sahabat di BBM, sahabat-sahabat di Facebook, dan sahabat-sahabat lainnya. Sampai tanggal 31 Desember 2011, twitter dan Facebook diramaikan oleh pengumpulan donasi untuk #fajarberbagi.


Packing bingkisan parcel dengan sahabat OS Pro
Alhamdulillah pada tanggal 31 Desember 2011 pukul 14.00 donasi #fajarberbagi terkumpul sebesar Rp9.455.000. Dikarenakan jumlah donasi yang terkumpul begitu besar, tetapi jumlah personel tim #fajarberbagi terbatas, dan dikhawatirkan bingkisan parsel tidak dapat mengenai sasaran utama kami, maka jumlah paket kami batasi menjadi 222 paket dan ‘harga’ per paket kami tingkatkan. Dari yang sebelumnya per paket seharga Rp 25.000, menjadi Rp. 42.590. Isi paket bingkisan parsel #fajarberbagi adalah 1 liter minyak goreng, 1 kg gula, 1 kg tepung terigu, 2 bungkus mie instan, 1 kaleng susu kental manis, 2 bungkus biskuit, 220 ml kecap, 1 bungkus teh celup. Donasi yang masuk setelah pukul 14.00 terkumpul sebesar Rp. 1.370.899. Donasi tersebut akan kami gunakan untuk aksi sosial berikutnya.


Berbagi dengan Ibu pemungut sampah di Jl. Sudirman


Menyampaikan bingkisan Fajar Bebrbagi dengan Bapak Penyapu jalan


Menyampaikan parcel kepada bapak penyapu jalan di Jl. Godean
Menyampaikan parcel kepda penyapu jalan di Jl. Magelang


Salah satu penyapu jalan di Jl. Simanjuntak


Ibu penyapu jalan di Jl. Godean mendapat bingkisan fajar berbagi


Bapak pemungut sampah sedang bekerja walaupun saat hujan turun


Bingkisan parcel diserahkan langsung oleh @muhta_dira Direktur OS Pro Jogja

Terimakasih utk para donatur dan sahabat yg telah mendukung Fajar Berbagi. Smoga Allah SWT membalas kebaikan kita semua. Beberapa dokumentasi sudah kami upload di twitter dengan hastag #fajarberbagi. Dan berikut ini beberapa dokumentasi acara kecil kami.. Sampai bertemu di aksi sosial berikutnya.. Salam berbagi..:)
Written by: OS Pro Jogja
Updated at: 13:22