Memanfaatkan Jasa Wedding Organizer

Wednesday, 22 October 2014
Merencanakan acara pernikahan bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus memusingkan. Coba anda bayangkan, untuk sebuah acara resepsi saja Anda perlu merencanakan mulai dari lokasi, makanan, dekorasi, MC, musik atau hiburan, dan sebagainya secara mendetail. Belum lagi mengurus surat-surat dan keperluan lainnya untuk pernikahan itu sendiri. Daftar ini akan semakin panjang apabila Anda juga menggunakan acara adat yang sesuai dengan tradisi keluarga.

Mengapa memakai Jasa WO?
Banyak detail yang harus diperhatikan dan hal yang harus dilakukan membuat pekerjaan merencanakan acara pernikahan bisa cukup membingungkan bagi orang-orang yang belum berpengalaman. Tentunya Anda tak ingin ada hal penting yang terlewat agar hari pernikahan Anda jadi hari istimewa. Mengurus segala keperluan acara pernikahan inipun cukup memakan waktu dan tenaga. Bagi pasangan pengantin yang sibuk atau berada di luar kota, mungkin tak punya cukup waktu dan tenaga untuk mempersiapkan semuanya.

Sesuai dengan namanya, wedding organizer (WO) adalah jasa pengorganisasian untuk acara pernikahan, baik dalam perencanaannya maupun pada hari-H, sambil tetap bekerja sama dengan calon pengantin dan keluarganya. Meskipun kini WO semakin dikenal, tapi masih banyak calon pengantin yang ragu untuk memanfaatkan jasa WO karena khawatir jika dana acara pernikahan mereka akan membengkak. Mungkin memang harus ada anggaran khusus untuk alokasi jasa wedding organizer, tetapi jika diperhatikan lebih teliti lagi mungkin anggaran tersebut tetap harus anda keluarkan untuk keperluan lain yang mungkin malah akan semakin lebih besar karena perhitungan yang kurang matang.

Selain itu, WO telah berpengalaman dalam merencanakan acara pernikahan dan mengetahui mutu serta kisaran harga para vendor pernikahan. Dengan begitu, WO adalah pihak yang tepat untuk membantu Anda dalam memilih vendor pernikahan yang sesuai. Apalagi kebanyakan WO juga mendapat potongan harga khusus dari vendor-vendor pernikahan. Dengan begitu, pengeluaran pengantinpun bisa ditekan. Bahkan beberapa WO juga menyediakan harga paket pernikahan yang lebih hemat.

Dari A sampai Z
Dengan memanfaatkan jasa WO, maka persiapan acara pernikahan menjadi lebih praktis dan efisien bagi calon pengantin. Jenis jasa WO yang ditawarkan bisa meliputi perencanaan rangkaian acara pernikahan sejak awal, hanya meliputi beberapa vendor, ataupun hanya untuk di hari H. Pilihlah jenis jasa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis jasa yang dipilih ini nantinya akan berpengaruh pada lamanya waktu kerja yang dibutuhkan WO. Bila anda menggunakan jasa WO mulai dari perencanaan acara, pemilihan vendor, hingga di hari pernikahan, WO akan bekerja menangani pernikahan Anda sejak beberapa bulan sebelumnya.

Ada pula beberapa calon pengantin yang merasa lebih nyaman mempersiapkan sendiri segala sesuatu yang berhubungan dengan acara pernikahan mereka. Meskipun begitu, pada hari H, pengantin yang saat itu menjadi raja dan ratu sehari dan pusat acara, tidak mungkin turun langsung dalam mengatur jalannya acara tersebut. Keluarga besarpun seringkali pada hari itu lebih berkonsentrasi untuk menikmati jalannya acara, bertemu kerabat dan bersilaturahim. Maka, dalam hal ini tak ada salahnya calon pengantin meminta bantuan jasa WO untuk di hari H, yaitu untuk mengatur flow acara, tamu, para vendor, dan sebagainya, agar acara berlangsung lancar. Jika jenis jasa ini yang dipilih, biasanya WO mulai bekerja sejak beberapa minggu sebelum acara.

Memilih WO yang Tepat
Satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan jasa WO adalah komunikasi yang baik agar WO memahami keinginan Anda. "Tumpahkan semua pada WO, sampaikan semua keinginan, impian, informasi penting seputar pernikahan pada WO. Jadikan WO menjadi teman, agar segala sesuatunya bisa di share dengan baik. WO yang baik akan bisa merealisasikan apa yang ada di benak calon pengantin" kata Farida. Karena pentingnya komunikasi ini, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih WO yang membuat anda merasa nyaman.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih WO adalah eksistensi WO tersebut, misalnya sejak kapan berdiri dan berapa banyak pernikahan yang pernah ditangani dan bagaimana pesan kesan serta testimoni klien yang pernah menggunakan jasa WO tersebut. Kekuatan media sosial juga patut diperhitungkan. Biasanya, semakin besar eksistensi WO tersebut di dunia media sosial, maka semakin besar perusahaan tersebut.

Salain itu, lakukan komparasi harga dan pelayanan yang diberikan sebelum memilih WO. Namun, jangan terlalu mudah terpikat dengan harga murah. Kadang-kadang, harga sungguh "berbicara" mengenai kualitas. Semakin besar harga yang ditawarkan, maka kemungkinan semakin besar juga pelayanan yang diberikan. Ada baiknya juga anda mempertimbangkan rekomendasi teman, kenalan, dan kerabat. Cari tahu sebanyak mungkin track record WO pilihan anda dan ulasan dari klien-klien sebelumnya.

Disunting dari  Majalah Perkawinan edisi 09/Tahun XIV/2013

Written by: OS Pro Jogja
Updated at: 21:24