Mengatasi Tekanan Persiapan Pernikahan

Saturday, 11 January 2014
Mengatasi detik - detik pernikahan adalah satu momen yang sangat berkesan. Para raja dan ratu sehari sudah pasti akan mempersiapkan segala sesuatunya agar acara pernikahan itu berjalan sukses dan memuaskan hati, karena seperti yang kita tahu dalam artikel sebelumnya tentang pentingnya mengadakan walimatul ursy. Mengadakan walimahan merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, walaupun hanya dengan seekor kambing.

Namun ada satu hal yang tak dapat dipungkiri, realita tekanan saat mempersiapkan acara pernikahan akan muncul. Pekerjaan kantor yang bertumpuk dan harus ditinggalkan sementara untuk mengurus persiapan pernikahan, menjadi salah satu butir masalah yang dapat menciptakan tekanan, terlebih bila Anda memiliki keinginan yang melebihi kemampuan.

akad nikah jogja

6 cara atau tips mengatasi tekanan persiapan pernikahan dari OS Pro Moslem Wedding Organizer, semoga dapat dijadikan acuan untuk mengatasi tekanan - tekanan yang akan muncul disaat Anda mempersiapkan acara pernikahan

1. Ketakutan
Ketakutan adalah posisi nomor satu dari dari penyebab munculnya tekanan. Untuk menghadapinya, cari tahu apa yang menjadi sumber ketakutan tersebut. Apakah ketakutan yang memunculkan tekanan itu ada hubungannya dengan faktor keuangan, atau karena terlalu banyak keinginan yang ingin anda lakukan. Setelah diketahui sumber ketakutan tersebut, segera cari solusi untuk mengatasinya.

2. Tak Ada yang Sempurna
Kesempurnaan dalam acara pernikahan merupakan dambaan bagi pasangan pengantin. Namun kenyataannya, tidak akan ada kesempurnaan itu. Kekurangan di sana-sini dalam penyelenggaraan, masih akan ditemukan. Jadi keinginan 100% akan kesempurnaan acara sebaiknya dikurangi, sebab berpotensi memunculkan tekanan disaat anda mempersiapkan acara pernikahan.

3. Lakukan Segera
Jika persiapan pernikahan Anda harus dilakukan segera, maka segeralah mempersiapkan persiapan - persiapan tersebut, jangan membuang - buang waktu. Jika Anda merencanakan mencari undangan, souvenir, atau mencari catering yang cocok, maka jangan coba menunda - nunda. lakukan sekarang juga agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk membandingkan pilihan.

4. Anda Bukan Profesional
anda bukanlah ahli dan bukan pula seorang profesional dalam mengurus masalah pernikahan. Karena itu, jangan coba - coba melakukan sendiri persiapan pernikahan anda. Mintalah bantuan orang terdekat Anda, semisal adik, kakak, atau teman karib. Percayakan mereka untuk mewujudkan rencana - rencana Anda.

5. Semua Harus Ada yang Mengatur
Semua orang pasti menginginkan acara pernikahannya berjalan sukses. Tetapi jika Anda terlalu jauh masuk ke dalam persiapan tersebut, misalnya ikut mengatur di mana undangan yang hadir harus duduk, atau mengklarifikasikan posisi tempat duduk para undangan, seperti disini untuk pejabat, disitu untuk artis, atau disana untuk orang biasa. Alangkah baiknya Anda jauhi keinginan seperti itu, sebab berpotensi munculnya tekanan yang sangat kuat.

6. Fokus
Jangan membanding - bandingkan acara pernikahan Anda dengan orang lain, hal itu hanya akan memunculkan keresahan. Ada baiknya anda fokus pada persiapan acara pernikahan anda, dengan menyesuaikan pada potensi dan kemampuan. Berdoalah agar acara berjalan lancar tanpa kendala.

Majalah PENGANTIN edisi 03/2011
Written by: OS Pro Jogja
Updated at: 00:07