Tips Memilih Menu Catering Pernikahan

Jumat, 28 Maret 2014
Ketika anda sedang merencanakan pesta pernikahan, ada baiknya lebih cermat dan teliti saat memilih catering. Mengapa memilih wedding catering menjadi penting dalam sebuah pesta pernikahan? Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya tentang tips memilih catering pernikahan bahwa urusan jamuan pernikahan merupakan elemen yang sangat penting seperti halnya baju pengantin, dekorasi, souvenir, foto, dan lainnya. 

Ada anggapan, jika sajian untuk tamu rasanya biasa saja, jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah tamu yang hadir alias kurang, tampilannya tidak menarik, terlebih kalau makanan yang disajikan ternyata aromanya kurang sedap alias basi, wah.. hal tersebut bisa menjadi aib yang memalukan bagi sang empunya pesta.

wedding catering jogja

Selain biasanya menghabiskan setengah dari anggaran, wedding catering adalah suguhan yang disajikan untuk seluruh tamu undangan. Makanan ini dapat membuat tamu anda merasa nyaman dan betah berlama-lama menikmati pesta pernikahan anda. Yang pasti, bila makanannya memuaskan maka pujian demi pujian pun akan terus terdengar untuk si pemilik pesta. Ini tentu akan menjadi cerita indah tak terlupakan sepanjang waktu. Berikut beberapa tips memilih menu wedding catering dari OS Pro Moslem Wedding Organizer :

Cermat dan teliti
Sebelum anda menentukan wedding catering mana yang akan anda pilih, cari tahu sebanyak mungkin mengenai vendor-vendor yang akan dipakai jasanya. Jangan ragu meminta referensi dari saudara atau teman. Bisa juga anda browsing di internet. Datangi wedding catering yang menurut anda sesuai dengan harapan anda, mintalah portofolio atau foto-foto tampilan catering mereka saat disajikan diatas meja. Sedikit ide, akan terasa lebih seru apabila wedding catering bisa menyesuaikan dengan tema warna pernikahan anda.

Selain itu, anda juga harus memperhitungkan besarnya biaya untuk urusan jamuan ini. Dimana soal harga ini tentunya akan berkaitan dengan berapa porsi yang dipesan, jenis makanan dan banyaknya variasi menu yang dipilih. Perhitungkan semuanya dengan baik, tujuannya agar dana yang anda miliki sesuai dengan jumlah makanan yang dibutuhkan sehingga seluruh tamu yang hadir di pesta nanti bisa menikmati makanan yang disajikan.

Tepat memilih menu
Mau makanan traditional Indonesia atau menu Eropa? Memang sulit-sulit gampang menentukan menu untuk pernikahan. Dalam hati mungkin anda ingin memilih menu favorit yang menghiasi meja-meja tamu, tetapi di lain pihak anda harus memikirkan orang lain juga. Belum tentu apa yang anda suka akan disukai juga oleh para tamu.

Pihak catering biasanya mengadakan acara test food agar anda bisa mencoba lebih dulu menu yang ingin dipesan. Jangan sia-siakan kesempatan icip-icip ini. Cicipilah rasa menu makanan yang Anda pilih di beberapa jasa katering. Di kesempatan ini, anda bisa mengukur jasa katering mana yang cocok dengan keinginan anda. Pertimbangkan juga penampilan makanan, kesigapan pelayan, dan kebersihan agar anda tidak kecewa.

Jangan memilih menu aneh yang tidak anda ketahui. Anda juga tidak akan tahu apakah menu tersebut akan disukai kebanyakan orang atau tidak bukan? Jadi lebih baik pilih ragam menu yang sudah anda kenali sebelumnya. Pilih menu makanan yang aman bagi semua tamu yang hadir. Artinya, tidak semua tamu undangan yang datang di pesta anda penyuka olahan daging atau sayur tertentu. Karenanya jangan menyediakan makanan yang menjadi pantangan bagi mereka.

Agar tidak terjadi masalah kehabisan makanan karena jumlah tamu tidak sesuai dengan jumlah undangan, pastikan Anda sudah menghitungnya dengan benar. Jika misalnya Anda menyebarkan 500 undangan (1000 tamu), maka setidaknya anda harus menyediakan makanan tiga kali lipat dari jumlah tamu, yaitu 3000 porsi.

Cara menghitung porsi catering pernikahan yang tepat adalah, menu buffet sebaiknya 70 persen dari total tamu, yaitu 700 porsi (berdasar contoh diatas). Untuk gubuk, jumlahnya adalah pengurangan antara kebutuhan total porsi dengan total porsi buffe. Contoh: Kebutuhan total porsi adalah 3000. Maka jumlah porsi untuk gubuk adalah 3000 - 700 = 2300 porsi. Nah, dari 2300 porsi menu gubuk ini bisa dibagi-bagi menjadi beberapa menu makanan. Sedangkan untuk menu dessert adalah total tamu (1000) dikurangi porsi buffet (700) yaitu sebanyak 300 porsi dessert.

Sediakan juga meja khusus untuk piring kotor, termasuk tempat sampah yang sebaiknya sudah ditata indah dan layak masuk ruang pesta untuk memudahkan tamu membuang sampah. Anda bisa meminta pihak gedung atau pihak catering untuk menyediakannya.

Pastikan juga keramahan dan pelayanan jasa catering terhadap tamu. Titipkan pesan kepada pihak catering untuk terus tersenyum kepada tamu. Karena urusan catering tidak hanya sekedar menyajikan makanan, keramah tamahan dari pihak catering merupakan suatu bentuk penghormatan kepada tamu undangan yang hadir di pesta anda.

OS Pro Moslem Wedding Organizer telah berpengalaman dalam hal mengkoordinir vendor catering, baik dalam hal perhitungan estimasi jumlah porsi, maupun dalam hal pemilihan menu. Kami memiliki banyak rekan vendor catering pernikahan di Jogja, sehingga anda tidak perlu pusing-pusing lagi menentukan catering yang tepat. Kami siap membantu anda untuk memilih catering terbaik bagi pesta pernikahan anda. Hubungi kami segera atau Anda bisa mendownload paket pernikahan Jogja.
Written by: OSPRO Jogja
Updated at: 11:14