Tips Memilih Kartu Undangan Pernikahan

Friday, 4 July 2014
Seringkali pasangan calon pengantin merasa kebingungan saat akan memilih kartu undangan. Bisa dimaklumi, karena mereka memang ingin agar kartu undangannya bisa menjadi cerminan dari pesta pernikahannya nanti. Tentu tidak ingin kesempatan bahagia bisa bertemu dan berkumpul dengan kerabat, keluarga, dan sahabat menjadi berantakan hanya karena kartu undangannya. "Kami ingin agar orang-orang yang diharapkan datang di hari istimewa kami". Terang salah seorang klien menceritakan pengalamannya saat hendak membuat undangan pesta pernikahannya.

Undangan Pernikahan OS Pro Jogja
Ada sejumlah tips penting yang bisa menjadi panduan ketika Anda dan pasangan hendak memilih desain kartu undangan. Berikut kami berikan beberapa tips dalam memilih kartu undangan anda :

1. Carilah contoh - contoh kartu undangan, bisa dari majalah, internet, atau bahkan meniru kartu undangan yang pernah anda terima sebelumnya (Orbit Semesta Production memiliki banyak contoh kartu undangan dengan desain menarik dan berkualitas). Kami telah menyediakan tim khusus untuk calon pengantin dapat berkonsultasi. Atau, anda juga bisa langsung mendatangi tempat pembuatan kartu undangan (vendor). Sah-sah saja jika anda mengikuti tren, yang penting jangan sampai undangan yang dicetak banyak tersisa. Pastikan anda sudah mendata berapa tamu yang akan diundang. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa mencetak dalam jumlam yang pas - pasan, lebih baik dilebihkan sedikit sebagai antisipasi jika ada kekurangan atau ada kartu undangan yang harus dikirim ulang.

2. Jika ternyata contoh yang didapat belum sesuai dengan harapan, Anda bisa mendesain ulang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan. Supaya hasilnya tidak mengecewakan, lebih baik lakukan hunting kartu undangan ini jauh - jauh hari, minimal tiga atau empat bulan sebelum hari-H. Ini memberikan kesempatan bagi anda untuk mematangkan konsep kartu undangan tersebut.

3. Selain dari segi bentuk, bahan, materi, ukuran, warna juga aksesori pendukung kartu undangan, yang juga tidak kalah penting dipertimbangkan adalah memilih jenis huruf yang tidak susah dibaca. Jangan memakai huruf yang sepintas kelihatan indah namun sulit dibaca. Huruf yang simple dan bersih akan membuat tamu mudah membaca nama calon pengantin, alamat, lokasi tempat pernikahan, dan juga waktu pernikahan anda.

4. Bila anda ingin menampilkan foto pre-wedding di kartu undangan, ini akan lebih baik dilakukan karena biasanya jika kerabat jauh yang sudah lama tak bertemu tak jarang merasa penasaran ingin melihat seperti apa wajah kedua calon pengantin. Akan tetapi tetap selalu perhatikan estetika foto pre-wedding bagi pasangan muslim. Selain itu lebih baik lagi jika nama panggilan Anda dan pasangan anda juga dicantumkan, terutama jika nama lengkap anda berbeda dengan nama panggilan sehari - hari. Tujuannnya agar si penerima undangan tidak bingung atau menganggap undangan itu salah alamat karena mereka tidak yakin mengenal calon pengantin atau keluarganya.

5. Penting juga mencantumkan peta atau denah lokasi, sekalipun pesta anda dilakukan di gedung yang sudah banyak dikenal orang. Denah ini menjadi sangat berguna ketika pernikahan Anda dilakukan di rumah atau di tempat yang tidak familiar dikunjungi, terutama untuk tamu yang datang dari luar kota. Buatlah denah yang sesuai dengan kondisi jalan sekarang. Jangan karena ingin ekonomis, denah dibuat singkat dan seadanya yang justru akan membuat tamu undangan Anda menyasar ke tempat lain.

6. Jika punya waktu, anda boleh - boleh saja mengunjungi berbagai pameran pernikahan. Sebab disana biasanya banyak vendor pembuat kartu undangan yang bersedia memberikan potongan harga yang lumayan besar. Ingat, jangan ragu atau malu mengungkapkan jumlah anggaran yang Anda miliki untuk membuat kartu undangan. Jangan memesan undangan yang harganya jauh diatas anggaran keuangan anda. Jauh lebih baik jika vendor tersebut yang menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Pilihlah vendor yang bisa mewujudkan kartu undangan mulai dari yang sederhana sampai eksklusif sesuai dengan budget calon pengantin. Tapi jika tidak ada waktu, kami akan dengan senang hati mengurus keperluan kartu undangan anda. Tentunya harga yang kami tawarkan mampu bersaing dengan vendor undangan di Jogja, selain itu Anda akan dimudahkan jika ada keperluan untuk revisi.

7. Jika memerlukan pendapat, ajak orang tua atau saudara untuk berdiskusi. Konsultasikan mengenai desain, kata - kata di dalamnya, penulisan nama, gelar, alamat, dan lokasi pada pasangan dan orang tua agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika sudah tercetak dalam jumlah banyak.

8. Saat kartu undangan akan dicetak, mintalah pada vendor agar Anda bisa memeriksa kembali desain kartu undangan itu, apakah sudah sesuai dengan keinginan. Hal yang harus diteliti lagi misalnya nama kedua pengantin dan gelar, nama orang tua masing - masing dan gelar, waktu dan tanggal pernikahan, alamat gedung atau rumah, tempat dan pelaksanaan waktu akad nikah, alamat rumah keluarga masing - masing dan gambar denah lokasi pesta.

Demikian tips pernikahan khususnya dalam memilih kartu undangan pernikahan dari OS Pro Muslim Wedding Organizer Jogja. Semoga bermanfaat, dan nantikan tips pernikahan selanjutanya.

Disadur ulang dari Majalah Perkawinan, Edisi 06/XIII/2012
Written by: OS Pro Jogja
Updated at: 22:30