Memilih Model Busana Pengantin Muslim

Tuesday, 23 July 2013
Sobat OS Pro, kali ini kami ingin membahas secara ringkas tentang desain pakaian pengantin bernuansa Islami. Hal apa saja yg seharusnya diperhatikan apabila kita ingin membuat pakaian pengantin, sehingga pengantin tetap dapat tampil modis namun tetap syar'i terutama untuk pengantin wanitanya. Berikut ini beberapa syarat yang sekiranya perlu kita perhatikan saat memilih busana pengantin muslim:

Moslem Wedding Dress
Model Busana Pengantin Muslim
1. Hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah bahwa pakaian pengantin muslim hendaknya tidak didesain dengan desain yang menonjolkan lekuk tubuh atau ketat. Apabila menginginkan model kebaya hendaknya dilonggarkan sedikit agar lekuk tubuh dapat tetap tersembunyi.

2. Untuk hiasan kepala sebaiknya jangan terlalu ramai atau terlalu berlebihan karena selain Islam menganjurkan untuk tampil sederhana namun anggun, hiasan kepala yang berlebihan akan membuat mempelai pengantin wanita mudah lelah dan sakit kepala, hal ini tentu akan mengurangi performa pada saat ia menerima tamu di pelaminan.

3. Bahan atau kain yang dipilih hendaknya yang menyerap keringat. Mengingat suasana resepsi pada umumnya ramai dan panas, maka sebaiknya pakaian pengantin dibuat dari kain yang dapat menyerap keringat dengan baik. Bila menggunakan bahan tile sebaiknya furing yang dikenakan dipilih yang dapat menyerap keringat.

4. Warna dan model pakaian yang dikenakan oleh mempelai pengantin wanita hendaknya juga disesuaikan dengan mempelai pengantin prianya. Jangan karena yang satu menyukai warna A dan yang lain B, maka kemudian pakaian dibuat disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Hal ini tentu hanya akan menjadi bahan pembicaraan yang kurang mengenakan. Begitu juga dengan modelnya, terutama apabila pengantin prianya berasal dari kalangan militer. Hendaknya pengantin wanita tidak terlalu berlebihan dalam mendesain pakaian pengantinnya agar dapat terlihat serasi dengan mempelai prianya yang rata-rata menggunakan pakaian seragam khusus upacara pada saat resepsi.

5. Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pakaian hendaknya tidak transparan sehingga memperlihatkan warna kulit karena hal ini tentu sangat jauh dari nilai syar'i.

6. Warna yang dipilih sebaiknya tidak mencolok atau norak agar terlihat lebih anggun. Dalam hal ini berhati-hatilah dalam memadukan warna. Konsultasikan dengan cermat dengan pihak desainer agar tidak salah dalam memilih warna yg sesuai.

Nah sobat OS Pro demikian pembahasan kita kali ini. Semoga membantu sobat semua yang saat ini mungkin sedang dalam tahap memilih model pakaian pengantin muslim yang akan dikenakan. Untuk riasan pengantin, simak juga bagaimana rias pengantin muslim yang baik dan sesuai dengan tuntunan agama Islam. Sampai berjumpa lagi di lain kesempatan dengan pembahasan yang lebih seru lagi.

By: Woro Widiati, S.H.
Written by: OS Pro Jogja
Updated at: 14:39